Sunday, February 19, 2017

Bandelnya TOYOTA GRAND NEW AVANZA

Apa sih arti kata “bandel” yang kerap diucapkan untuk menggambarkan mobil? Menurut Ruslan Thamrin, mantan pemilik Avanza tipe G 1.3L manual selama empat tahun dari 2011, bandel berarti mobil bisa diandalkan, mudah perawatan, dan gak rewel minta ganti suku cadang.

“Model lama Avanza dibilang bandelnya sama seperti Kijang. Selama itu saya cuma ganti ban sekali udah tidak usah ngapa-ngapain lagi. Paling perawatan lain tinggal ganti oli, saya ikutin yang di buku saja. Aftersales-nya tidak membingungkan, sudah pasti ada di mana-mana,” terang Ruslan kepada KompasOtomotif, dalam rangka program Avanza Pop You Up.

Selama empat tahun cuma sekali ganti ban rasanya bisa meragukan karena pada ban normal biasanya tiga tahun sudah harus diganti. Tapi Ruslan bercerita lagi Avanza miliknya memang jarang digunakan. Selama dimiliki angka odometer hanya mencapai 57.000 km.

Meski begitu ia yakin kata bandel sudah melekat pada Avanza. Hingga akhirnya diputuskan mobil lama dijual dengan harga tinggi, kemudian mengganti dengan model Grand New Avanza E 1.3L manual.

Grand New Avanza telah meluncur pada Agustus lalu dengan perubahan kadar major change. Avanza terbaru kini sudah dilengkapi mesin berteknologi dual VVT-i, drive by wire, busi iridium, dan banyak ubahan teknis modern lainnya.

Ruslan mengatakan awalnya ragu karena istilah bandel sebenarnya juga berarti tidak banyak menggunakan perangkat elektronik. “Tadinya jadi takut, Avanza kan terkenalnya bandel, kita takut jadi manja,” ucap Ruslan.

Keraguan itu wajar sebab, pemilik Avanza lama belum begitu kenal dengan teknologi baru pada Grand New Avanza. Setelah dipelajari dan banyak bertanya dengan pihak Toyota, resah Ruslan pun sirna. Andalannya, keberadaan bengkel resmi Toyota sampai di pelosok, sekalipun berjalan jauh seperti mudik, servis bisa dilakukan di mana saja. (ADV)

No comments:

Popular Posts