Sunday, February 19, 2017

Grand New Avanza lebih irit pakai PERTALITE

Dari beberapa brosur promosi produk bahan bakar minyak (BBM) terbaru Pertalite, yang diperoleh Otomania, disebutkan beberapa informasi menarik, mulai dari kandungan oktan 90, cocok untuk mesin berkompresi tinggi, sampai lebih ideal di ruang bakar karena membuat pembakaran jadi lebih sempurna.

Pertalite dijual seharga Rp 8.400 per liter dan diklaim ideal untuk hampir semua sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia, termasuk jenis mobil terlaris di Indonesia, kendaraan multiguna (multi purpose vehicle/MPV) menengah.

Informasi lain yang menarik disampaikan Pertamina adalah, tabel hasil pengujian konsumsi bahan bakar Pertalite dengan Premium. Pengujian dilakukan pada dua model Toyota, yakni Avanza dan Camry.  Mengacu pada tabel yang terdapat pada salah satu brosur, Avanza diklaim mampu menempuh jarak lebih jauh ketika mengonsumsi Pertalite ketimbang Premium.

Setiap satu liter Pertalite, Avanza diklaim mampu menempuh jarak 14,78 km. Sedangkan, jika menggunakan bahan bakar Premium hanya untuk jarak 13,93 kpl. Artinya, ada selisih sekitar 0,85 km dari perbandingan jarak Pertalite dan Premium di setiap liter. Sayangnya, tidak dijelaskan detail dengan metode apa pengujian dilakukan, sampai menghasilkan angka rata-rata konsumsi Pertalite tersebut.

Masih terkait informasi yang ada di dalam brosur, Pertalite memiliki level research octane number (RON) 90, Pertalite membuat pembakaran pada mesin kendaraan dengan teknologi terkini lebih baik, dibandingkan dengan Premium yang memiliki RON 88.

No comments:

Popular Posts